Fasilitas-fasilitas yang tersedia di Panti Asuhan Radmila

1. Dapur

Dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan alat-alat dapur yang moderen yang telah di rancang untuk memudahkan proses memasak. Semua alat telah disediakan secara khusus untuk mendukung kegiatan dapur. Dalam satu hari kegiatan di dapur harus mencukupi kebutuhan memasak lebih dari 100 orang dengan jadwal menu yang berpariasi dan terjadwal setiap pekan.

2. Kantin/tempat makan

Area tempat makan di panti asuhan Radmila cukup luas, bisa menampung lebih dari 100 orang, dengan kurasi dan meja yang telah di dsain khusus. Meja dan kursi terbuat dari bahan besi yang sudah di cat rapi sehingga tidak akan berkarat. Setiap sudut kursi dan meja juga di dsain tumpul ini untuk keamanan pengguna kantin. Selain itu dsainya juga kuat agar tidak mudah rusak.

3. Makanan yang memenuhi standar gizi

Segala menu dan makanan yang ada di Panti Asuhan Radmila sudah terjadwal dan dipertimbangkan standar gizinya. Minimal semua mendapat makanan yang layak, nasi, sayur dan lauk. Jadwal makan tiga kali sehari; pagi pukul 06.30 WIB, siang pukul 12.00 WIB dan menjelang malam pukul 18.30 WIB. Selain itu ada juga fasilitas snack dua kali pukul 10.00 WIB  dan sore 16.00 WIB, serta minum susu pukul 20.00 WIB. 

4. Kamar

Kamar terdiri dari dua bagian, kamar untuk anak laki-laki dan kamar untuk perempuan. Sengaja di bagi dua dengan area gedung yang berbeda, untuk menjaga ketertiban dan kesusialaan. Dalam satu kamar maksimal terdiri dari 4 orang, menggunakan ranjang bersusun agar tidak memakan banyak tempat dan rapi. Tidak hanya itu fasilitas penunjang kamar juga terdapat kamar mandi yang berada di bagian dalam. Hal ini disebabkan karena setelah tiba waktunya untuk tidur semua gedung kamar laki-laki dan perempuan akan di kunci, ini bertujuan untuk keamanan pada malam hari, oleh sebab itu disediakan fasilitas kamar mandi di bagian dalam gedung.

5. Kamar Mandi dan Toilet

Terdapat 3 bagian kamar mandi yang terdiri dari 12 kamar mandi. Semua di desain agar waktu proses mandi tidak rebutan. Semua kamar mandi dilengkapi dengan fasilitas toilet standar dan westafel. Kebersihan kamar mandi dan toilet juga di jaga sesuai dengan jadwal piket yang telah ditentukan. Kamar mandi ini dibuat terpisah dan khusus, ada kamar mandi dan toilet laki-laki dan ada jug ayang perempuan seperti sudah pada umumnya .

6. Ruang Belajar

Ruang belajar difasilitasi dengan berbagai alat penunjang proses pembelajaran. Papan tulis, spidol, meja belajar yang layak, buku sumber, dan bahkan ada pembimbing belajarnya. Kegiatan belajar ini terjadwal, bukan hanya belajar secara formal, pada pukul 19.00 – 20.30 WIB sebelum tidur merupakan waktu belajar mereka. Mereka akan belajar dan mempersiapkan pelajaran yang akan di laksanakan pada besok hari. Selain itu yayasan Radmila memiliki fasilitas sekolah formal dan nonformal. Sekolah Formal ada di samping gedung panti yaitu SD Radmila. Sedangkan sekolah non formal yaitu home schooling yang bekerjasama dengan Home Schooling Bina Mandiri.

7. Lapangan dan Area Olahraga

Panti asuhan Radmila juga tersedia fasilitas olahraga  yang standar. Tersedia berbagai macam olahraga yaitu Basket, Voli, Futsal, Tenis Meja, Batminton juga terdapat jenis olah raga ringan seperti Catur bahkan juga Biliard. Lengkapnya fasilitas olahraga ini bertujuan untuk menggali kemampuan setiap anak dalam bakat dan hobi mereka yang berbeda-beda. Kami berusaha untuk menyediakan fasilitas sesuai dengan bakat dan kemampuan yang anak-anak miliki, agar bakat terpendam mereka tersalurkan.

8. Fasilitas Kesenian

Dibidang seni dan budaya ada banyak alat-alat pendukung kesenian diantaranya, alat musik seperti piano, gitar, drum, gamelan mini, barongsai, kostum tari tradisional, karaoke dan banyak lagi yang lainya. Berbagai macam karakteristik peserta panti memotivasi kami dalam menyediakan fasilitas kesenian yang ada. Dengan fasilitas tersebut mereka dapat berkreasi, berinovasi dan sesuai dengan visi misi yayasan Radmila.

9. Kebun

Berkebun sayur merupakan bagian dari kegiatan rutin anak-anak panti, hal ini bertujuan agar supaya mereka memiliki aktivitas yang positif. Kebun dirancang khusus untuk memenuhi aktifitas mereka, dengan segala peralatan yang cukup. Budaya berkebun ini bertujuan untuk mendidik anak-anak supaya mencintai lingkungan dan melatih kemandirian. “Dengan berusaha maka mereka akan memetik hasil dari usaha tersebut”, itulah filosofi mendalam dari berkebun. Selain berkebun juga terdapat budidaya ikan dengan fasilitas kolam yang memadai.

10. Ruang Tamu

Dalam prosesnya banyak tamu yang berkunjung di Panti Asuhan Radmila, hal tersebut mendorong diadakannya fasiltas ruang bertemu bagi para tamu. Biasanya tamu yang berkunjung terdiri dari dua, yaitu tamu umum dan tamu khusus. Tamu umum biasanya berasal dari berbagai kalangan mulai dari organisasi, Instansi pemerintah, turis dan yang lainya yang bersifat umum. Sedangkan tamu khusus adalah bagi para orang tua dan keluarga anak-anak panti.

11. Playgroup Room

Playgroup Room merupakan tempat belajar bagi anak-anak panti khususnya usia dini. Ada beberapa anak yang datang ke Panti Asuhan Radmila dengan usia yang masih sangat dini. Kondisi ini juga mendorong kami untuk menyediakan fasilitas, baik ruangan playgroup dan juga pengasuh. Di dalam ruangan tersebut banyak fasilitas penunjang khususnya media pembelajaran playgroup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *