Year Of The Pig

Menurut kalender budaya china, tahun 2019 memasuki tahun babi tanah. Periode babi tanah ini dimulai dari sejak jatuh tanggal imlek yakni 5 februari 2019 hingga berakhir pada 24 januari tahun 2020. Tahun baru ini akan mengantikan tahun yang akan berlalu di tahun 2018 yakni tahun anjing.

Tahun baru china atau tahun baru imlek adalah sebuah momen yang sangat spesial bagi masyarakat tionghoa. Disebut juga sebagai festival musim semi, masyarakat tionghoa akan libur panjang, berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga, dengan sajian dan tradisi yang khas dalam menyambut tahun baru imlek setiap tahunya, sebagaimana budaya masyarakat kristiani menyambut natal atau umat islam dengan lebaran idul fitri.

Dalam kepercayaan masyarakat tionghoa, sangat kental dengan budaya keberuntungan, nasib baik dan nasib buruk yang tergantung dari pada shio seseorang. Keyakinan ini dipercaya akan menentukan nasib seseorang tionghoa secara signifikan. Oleh karena itu, setiap tahun dalam kalender china memiliki nama tersendiri yang disebut shio, sebagaimana manusia yang memiliki shio masing-masing tergantung tahun kelahiran.

Untuk tahun 2019, sebagaimana kami sebut di awal, memasuki tahun babi tanah. sedangkan tahun 2018 adalah tahun anjing, sementara tahun 2020 memasuki tahun tikus dan seterusnya. 

Selain itu, shio babi sendiri dipercaya oleh masyarakat tionghoa sebagai hewan yang baik, lugu, jujur, dan sebagai simbol atau lambang harta atau kekayaan. meski ada sedikit sifat babi yang kurang baik yakni gegabah, dan pemalas. Oleh karena itu, tahun 2019 babi tanah dipercaya sebagai tahun yang baik dan penuh dengan langkah keberuntungan untuk semua shio. Tahun yang tepat untuk berinvestasi, memulai relasi atau dalam urusan asmara. Namun anda perlu sedikit waspada untuk tidak terlalu larut dan percaya pada beberapa peluang. Sedikit pertimbangan yang lebih matang akan membuat anda terhindar dari resiko yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *