Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut.Tujuan peternakan adalah mencari keuntungan dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal.

Sistem peternakan diperkirakan telah ada sejak 9.000 SM yang dimulai dengan domestikasi anjing, kambing, dan domba. Peternakan semakin berkembang pada masa Neolitikum, yaitu masa ketika manusia mulai tinggal menetap dalam sebuah perkampungan. Pada masa ini pula, domba dan kambing yang semula hanya diambil hasil dagingnya, mulai dimanfaatkan juga hasil susu dan hasil bulunya. Setelah itu manusia juga memelihara sapi dan kerbau untuk diambil hasil kulit dan hasil susunya serta memanfaatkan tenaganya untuk membajak tanah. 

Dimasa moderen seperti sekarang sudah ada perguruan tinggi yang mempelajari tentang cara berternak dengan benar, Lulusan dari perguruan tinggi ini kemudian aktif sebagai doktor haiwan, farmasi ternak, pengadaan ternak dan industri makanan. Ceritanya hari ini peserta didik Sekolah Radmila sedang berternak, tapi tidak berternak sungguhan.  melainkan melalui media pembelajaran.

Sekolah Radmila mendorong kemampuan anak untuk memahami ilmu perternakan melalui praktik sederhana, mereka membuat berbagai macam situasi peternakan dengan menggunakan bahan bekas. Selain itu mereka juga dituntut untuk mempresentasikan hasil kerja kepada teman sejawad, guru dan bahkan kepala sekolah. Berikut dokumentsi kami:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *