Kamis, 17 Agustus 2017 merupakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72. Tema kemerdekaan tahun ini adalah “Indonesia Kerja Bersama”, tema ini merupakan tema nasional yang telah di intruksikan oleh Presiden Indonesia Ir. Joko Widodo. Begitu juga dengan Sekolah Radmila, pada hari yang sangat bersejarah tersebut Sekolah Radmila melaksanakan Upacara peringatan hari kemerdekaan RI yang ke 72. Semangat Nasionalise penerus bangsa harus dipupuk sejak dini di bangku Sekolah Dasar.

Dalam pidato resmi upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke 72 di Sekolah Radmila, kepala Sekolah Radmila bapak Edy Cahyadi, S.Pd.B. menekankan betapa pentingnya kerja sama, karena kerja sama ini merupakan semboyan bangsa yang dikenal “Gotong Royong”. Upacara tersebut melibatkan semua warga sekolah, termasuk Komite, Yayasan Radmila, Panti Asuhan Radmila dan Scurity serta Sekolah Bina Mandiri.

Berikut kutipan resmi pidato Kepala Sekolah Radmila dalam peringatan hari kemerdekaan RI ke 72:

“Salam sejahtera bagi kita semua

Selamat Pagi.

Merdeka!!! Merdeka!!! Merdeka!!!

Yang sama-sama kita hormati dan kita banggakan ketua Komite Sekolah Radmila, sekaligus bagian dari panti dan homeschooling Bina Mandiri yaitu Bapak Yoramo.

Yang sama-sama kita hormati, kita sayangi dan banggakan dewan Guru Sekolah Radmila dan Home Schooling Bina Mandiri.

Yang sama-sama kita hormati dan kita banggakan Pemimpin Upacara dari Scurity Yayasan dan Sekolah Radmila

Yang sama-sama kita hormati, kita cintai, kita sayangi dan kita banggakan para petugas upacara yang sangat luar biasa di pagi hari ini.

Dan Yang sama-sama kita hormati, kita cintai, kita sayangi dan kita banggakan anak-anak/pesertadidik Sekolah Radmila dari kelas 1A,1B,2,3,4,5,6 dan SMP/SMA Home Schooling Bina Mandiri.

Puja dan Puji Syukur selakyaknya kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dipagi hari ini, kita dapat memperingati hari kemerdekaan RI ke 72 dengan penuh hikmat.

Anak-anak kami yang kami sayangi dan banggakan. 72 tahun yang lalu, Indonesia lahir ditengah-tengah Negara yang ada di dunia ini. Dahulu bangsa lain mengenal kita hanya sebutan pulau yang berbaris dari sabang sampai meroke, namun sekarang bangsa lain mengenal kita Negara Kesatuan Republuk Indonesia. Kelahiran itu berarti kemerdekaan bagi Bangsa ini. Kemerdekaan itu diperoleh sepenuhnya atas pemberian Tuhan Yang Maha Esa dan perjuangan para pahlawan kita di masa lalu. Perjuangan itu bukanlah perjuangan biasa. Semangat, pengabdian, kerelaan, kerja sama merupakan landasan perjuangan yang mengalir didalam jiwa para pahlawan kita. Bahkan mereka mempunyai semboyan “lebih baik mati dari pada terjajah oleh bangsa lain”.

Anak-anak kami yang kami sayangi dan banggakan. Tema kemerdekaan ke 72 ini adalah “Indonesia Kerja Bersama”. Dalam mengisi kemerdekaan diharapkan kita menjadi generasi yang bisa dibanggakan dan mampu bersaing dengan bangsa lain. Dalam menghadapi tantangan kedepan tidak ada cara lain yang bisa kita lakukan selain “Kerja Bersama”. Istilah kerja bersama ini merupakan semboyan leluhur kita yang sering dikenal dengan istilah “gotong royong”. Gotong berarti membawa sedangkan royong artinya bersama-sama. Diharapkan generasi ini bisa memikul beban kemerdekaan ini dengan bersama-sama.

Anak-anak kami yang kami sayangi dan banggakan. Sekolah radmila dan yang terlingkup dalam Yayasan Radmila merupakan keluarga besar yang berdasarkan atas pengabdian social. Sesuai dengan nama “Radmila” yang artinya melayani masyarakat, mari kita wujudkan tema kemerdekaan ke 72 ini dengan bersama-sama bekerja. Bersama-sama mengisi kemerdekaan ini dengan baik. Bersama-sama menghadapi tantangan dimasa yang akan dating dan bersama-sama dalam mengisi persaingan dengan bangsa lain. Mari kita ingat semboyan leluhur kita bhenika tunggal ika. Walau kita berbeda tetapi tetap satu. Ada suku minang, batak, jawa, tionghoa, manado, flores, ambon, banjar, betawi dll. Jelas ini berbeda. Namun walau kita berbeda tetapi bisa bekerja sama. Mari kita wujudkan cita-cita luhur para pendahulu kita dengan melaksanakan yang terbaik untuk kita, sekolah kita, dan bangsa kita dengan cara bersama.

Kemudian dalam moment ini bapak akan memberikan sedikit pengumuman bahwa: mulai senin tgl 21 agustus 2017 ada 7 guru yang resmi bergabung di Sekolah Radmila. Yaitu Ms. Bunga, Ms, Esra, Ms.Mega, Ms. Erlin, Ms. Meyna, Mr/Pak Dwiki dan Pak Aditia. Dan mulai hari senin tidak ada anak-anak yang memanggil koko, cece, kakak atau bahkan hanya memanggil nama kepada beliau-beliau ini. Harus panggil Ms, Mr atau Ibu bapak. Walaupun mereka masih muda namun mereka adalah guru kita, guru kalian. Paham semua anak-anak?

Bapak kira itu yang bisa bapak sampaikan pada kesempatan ini. Sekali lagi mari kita isi kemerdekaan ini dengan kerja bersama dengan gotong royong sesuai dengan tema kemerdekaan kita Indonesia Kerja Bersama.

Demikian salam sejahtera bagi kita semua, selamat pagi

Merdeka!!! Merdeka!!! Merdeka!!!!.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *