Silahturahmi Idul Fitri 1439 H/2018

Rabu, 11 Juli 2018 Yayasan Radmila telah mengadakan kegiatan Silaturahmi dengan keluarga besar yayasa, diantaranya, Panti Asuhan Radmila dan Sekolah Radmila. Silahturahmi ini sebagai bentuk penghormatan kepada setiap warga dalam hal pemeluk agama Islam dalam merayakan hari raya Idul Fitri.

Idul Fitri, adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. Karena penentuan 1 Syawal yang berdasarkan peredaran bulan tersebut, maka Idul Fitri atau Hari Raya Puasa jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya apabila dilihat dari penanggalan Masehi. Cara menentukan 1 Syawal juga bervariasi, sehingga boleh jadi ada sebagian umat Islam yang merayakannya pada tanggal Masehi yang berbeda.

Pada tahun ini Idul Fitri jatuh pada tanggal 15 dan 16 Juni 2018, dan pada tanggal tersebut warga Panti Asuhan Radmila Khusus Muslim mendapatkan waktu spesial untuk pulang ke rumah masing-masing bertemu dengan keluarganya maksimal tiga hari. Sebagian yang tidak izin pulang diwajibkan ikut mempreingati Idul Fitri di Panti Asuhan Radmila sesuai jadwal yang telah ditentukan. Hal ini bertujuan untuk memperkuat keyakinan kepada agama yang mereka yakini.

Mengingat hari raya Idul Fitri tahun 2018 bersamaan dengan libur sekolah nasional maka banyak bagian dari keluarga Yayasan Radmila yang pergi ke luar kota menikmati libur panjang. Dengan latar belakang tersebut, pada tanggal 11 Juli 2018 disepakati untuk melaksanan perayaan Idul Fitri bersama di Panti Asuhan Radmila dengan istilah “Silaturahmi Idul Fitri 1439 H/2018”.

Kegiatan Silaturahmi telah berjalan sesuai harapan dengan dihadiri oleh Ketua Yayasan Radmila bapak Baharum, S.H. beserta segenap pengurus. Hadir juga Kepala Panti Asuhan Radmila yaitu ibu Anita beserta anggota dan pengasuh serta turut hadir Kepala Sekolah Dasar Radmila bapak Edy Cahyadi, S.Pd.B. beserta para Guru Sekolah Radmila.

Acara dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh bapak Yoramo Hia, S.Th. yang menambah suasana kekeluargaan semakin hangat. Acara berlangsung cukup santai, tidak terlalu formal dan lancar. Dalam sambutanya, Ketua Yayasan Radmila menyampaikan bahwa ajang Silaturahmi merupakan momen bagi kita untuk terus menumbuhkan keyakinan pada agama yang diyakini oleh masing-masing individu. Selanjutnya hendaklah ia mempraktikan nilai-nilai luhur dalam kehidupan, dimulai dari yang sederhana, seperti; dilingkungan Panti Asuhan Radmila dan Sekolah Radmila dalam bentuk saling menghormati, menebar cinta kasih dan memahami bahwa kita adalah keluarga besar yang bernaung dalam nama Radmila. Lebih dari pada itu bisa memberi manfaat bagi lingkungan dan masyarakat dimanapun berada.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan saling berjabat tangan, dan saling mengucapkan permohonan maaf apabila dalam kebersamaan satu sama lain memiliki kesalahan. Acara ditutup dengan makan siang bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *