Kehidupan

Bagaimanakah kehidupanmu? Pernahkah Anda melihat senyuman yang begitu lugu? Atau tulus? Perhatikan foto di samping ini.  Mereka tidaklah seberuntung “nasib” kita. Mungkin setiap pagi selalu mendengarkan cerewetnya mama disaat kita bangun kesiangan, atau melihat ayah yang marah akibat tingkah kita yang hanya melulu bermain game di depan layar monitor. Namun bagi mereka tidak ada peristiwa tersebut. Yang merka tahu dibalik senyum lugu terukir wajah manis, tersimpan seribu pertanyaan yang tidak pernah mereka temukan. Bahkan sebagian diantaranya tidak mampu menggambarkan raut wajah orang yang melahirkanya. Mereka adalah anak-anak yang lugu, menikmati hari, bersama keluarga yang sebelumnya bukan siapa-siapa. Menjalani perubahan kehidupan yang harus mereka tahklukkan. Permainan-permainan kecil, yang mungkin untuk kita tak bearti, namun bagi mereka adalah sebuah hiburan untuk melupakan kerasnya kehidupan. Tak ada yang mau mendengar, akan kepedihan yang ada dibenaknya. Namun tetap harus dijalani entah sampai kapan.

Kalimat paragraf  di atas merupakan ungkapan hati penulis yang menggambarkan keadaan batin anak-anak Panti Asuhan Radmila. Sebagian besar anak-anak Panti merupakan anak yang kurang beruntung. Ada yang sudah tidak memiliki ayah, atau Ibu, juga ada juga yang tidak memiliki kedua-duanya. Bahkan ada yang tidak mengenal siapa keluarga mereka. Mereka dibesarkan dengan begitu banyak kepedihan hidup. Seharusnya diusia ini tidaklah pantas untuk menghadapi rumitnya kehidupan. Namun, kenyataan berkata bahwa itulah yang terjadi dengan kehidupanya. Dengan bergabai latar belakang kehidupan mereka menyatu dalam keluarga besar Panti Asuhan Radmila. Hidup mereka terjamin, minimal mereka bisa hidup layak, bisa menempuh pendidikan sampai kejenjang Sekolah Menengah Atas, dan yang paling penting bisa memiliki harapan hidup yang lebih baik dimasa yang akan datang.

Walaupun mungkin, ketika kita mendengar kalimat “Panti Asuhan” sudah tergambarkan begitu menderitanya kehidupan yang harus dijalani. Namun berbeda dengan kondisi yang ada di Panti Asuhan Radmila ini. Yayasan Radmila mendedikasikan penuh pengabdian untuk membantu anak-anak yang “nasibnya” kurang beruntung, agar anak-anak nantinya mampu mempersiapkan dirinya untuk harapan dan kehidupan yang lebih layak dimasa yang akan datang. Hal ini bisa dilihat dari fasilitas yang disediakan sudah lebih dari layak. Mulai dari kebutuhan pokok; makanan, sandang, tempat tinggal dan obat-obatan, serta sarana lain yang sudah disediakan sesuai dengan kebutuhan. Yayasan juga terus menanamkan pentingnya memiliki keterampilan, sehingga sangat banyak kegiatan yang sengaja diadakan untuk menggali potensi diri anak-anak ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *