Pada tanggal 2 – 8 Desember 2021 SDS Radmila telah mengadakan Bimtek Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Bimtek ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus. Dalam kesempatan itu SDS Radmila menjadi salah satu sekolah dari 100 sekolah di Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk menyelenggarakan bimbingan teknis sekolah penyelenggara pendidikan inklusif.

Pendidikan Inklusif adalah sistem layanan pendidikan yang mengatur agar siswa dapat dilayani di sekolah terdekat, di kelas reguler bersama-sama teman seusianya. Tanpa harus dikhususkan kelasnya, siswa dapat belajar bersama dengan aksesibilitas yang mendukung untuk semua siswa tanpa terkecuali difabel.

Ada beragam narasumber yang terlibat dalam bimtek ini, mulai dari Dinas Pendidikan Kota Batam, tenaga profesioal dan guru pembimbing khusus pendidikan inklusif.

Memang selama ini SDS Radmila telah menerima beberapa siswa berkebutuhan khusus dengan mempertimbangkan aspek sosial dan rasa kemanusian. Hal ini sesuai dengan misi kemanusiaan Yayasan Radmila yang termuat pada arti kata Radmila itu sendiri yaitu “melayani masyarakat”. Ternyata tidak mudah menjadi satuan pendidikan yang bisa melayani siswa berkebutuhan khusus. Ada banyak teknis, metode bahkan administrasi yang harus dilengkapi oleh satuan pendidikan agar bisa melayani kebutuhan pendidikan ditengah masyarakat yang sangat beragam kebutuhannnya.

Setelah terlaksanakannya bimbingan teknis tersebut, SDS Radmila sedikit melangkah maju untuk menyempurnakan pendidikan di lingkungan sekolah baik dari segi administrasi maupun teknis pembelajaran khususnya tentang permasalahan pendidikan inklusif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *