Tari Kreasi Tabal Gempita

Tahukah bahwa ternyata tari adalah salah satu jenis gerak selain senam, bela diri, akrobatik, atau pantomime. Sebagai seni, tari memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan seni-seni lain.Seni tari secara umum memiliki aspek-aspek gerak, ritmis, keindahan, dan ekspresi. Selain itu, seni tari memilki unsur-unsur ruang, tenaga, dan waktu. Jenis dan Peran Seni Tari dalam Konteks Masyarakat dan Budaya Seni tari sangat berhubungan dengan keadaan masyarakat dan budaya setempat. Oleh karena itu, fungsi peranan, dan jenis-jenisnya pun sangat berhubungan dengan masyarakat dan budaya setempat. Bahkan dalam perkembangannya, seni tari dipengaruhi oleh perkembangan masyarakat dan budayanya.

Fungsi dan Peranan Seni Tari Sebagai suatu kegiatan, seni tari memiliki beberapa fungsi, yaitu seni tari sebagai sarana upacara, seni tari sebagai hiburan, seni tari sebagai media pergaulan, seni tari sebagai penyaluran terapi, seni tari sebagai media pendidikan, seni tari sebagai pertunjukkan, dan seni tari sebagai media katarsis. (Wardhana, 1990 : 21-36).

Tari Tabal Gempita adalah tarian yang menggunakan tongkat, dan beberapa gerakan perang. Tari Tabal Gempita berasal dari Kepulauan Riau, yang bercirikan kebudayaan melayu. Tarian ini sudah hampir punah akibat berlangsungnya budaya global serta moderenisasi. Hal ini terbukti sangat sulit untuk menemukan referensi/sumber yang membahas tentang tari ini, demikian juga sejarah dan latar belakang tarian tersebut.

Melalui dunia pendidikan Sekolah Radmila mengenalkan berbagai macam bentuk tarian tradisional yang hampir punah di masa ini. Harapan kami agar keberlangsungan tarian-tarian ini bisa terus dilestarikan oleh generasi muda dimasa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *